Ads (728x90)

( 36 ) Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, ( 37 ) (yaitu) orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir siksa yang menghinakan. QS An-Nisaa

Cara Cerdras Kelola Keuanganmu #BNIFinancialPlanner

Pengelolaan keuangan perlu dilakukan baik itu oleh anak-anak, bujangan, terlebih lagi orang tua yang telah memiliki momongan alias anak. Pertanyaan mendasar yang perlu kita tanyakan pada diri kita adalah mengapa kita perlu melakukan pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan perlu dilakukan untuk menyesuaikan antara pendapatan dan pengeluaran kita, jangan sampai besar pasak daripada tiang (besar pengeluaran daripada pendapatan). Bagi saya pribadi yang merupakan pekerja kantoran, hal yang pertama dilakukan ketika menerima gaji adalah melakukan pengaturan pemakaian uang tersebut, yang jelas kebutuhan harus didahulukan (urusan dapur harus menjadi yang pertama dan utama, hehehe.....). Setelah urusan dapur, hal kedua yang menjadi perhatian penting saat ini adalah listrik dan air. Mengapa demikian? karena tarif listrik sekarang lumayan mahal apalagi yang memilik daya listrik 900 VA dari awal Januari 2017 sampai dengan Maret 2017 secara perlahan subsidi dicabut (biasanya sebulan bayar 150 ribu sekarang bisa jadi 300 ribu-an). dan tanpa air kita tidak bisa hidup 

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah keberadaan dana pendidikan bagi yang memiliki anak. harus ada pos keuangan tersendiri untuk dana pendidikan anak karena sebagai orang tua, kita pasti menginginkan yang terbaik bagi anak kita. Apalagi dizaman sekarang ini yang terkenal dengan sebutan zaman edan (narkoba, pornografi) sehingga pendidikan akhlak menjadi sangat penting bagi anak. Semenjak memiliki anak, saya sudah membuka tabungan rencana yang setiap bulannya dipotong secara otomotis 100 ribu dari rekening induk. 

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan adalah adanya dana darurat. Mengenai besaran yaneg harus disisihkan dari gaji tidak ada patokan secara khusus, tinggal menyesuaikan saja dengan besaran gaji atau pendapatan yang diterima setiap bulannya.

Agar kita tidak ribet dalam melakukan perencanaan pengelolaan keuangan sebagaimana di atas, maka kita dapat menggunakan fitur Personal Financial Management (PFM) atau Pengelolaan Finansial Pribadi yang terdapat pada fasilitas Internet Banking Bank Negara Indonesia (BNI).

Bagaimana cara memanfaatkan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi yang terdapat pada I-Banking BNI? 
Persyaratannya cukup mudah, yang pertama anda harus memiliki rekening di BNI dan yang kedua tinggal mendaftarkan fasilitas I-Banking BNI. Setelah terdaftar layanan I-Banking BNI anda tinggal login melalui halaman ==> (https://ibank.bni.co.id)

Bagaimana cara melakukan perencanaan dengan "Pengelolaan Finansial Pribadi" yang terdapat pada layanan internet banking???
Berikut ini adalah pengalaman saya menggunakan layanan tersebut.
1. Pada halaman internet banking BNI terdapat beberapa menu, seperti, favorit, rekening, transaksi, layanan lainnya, profil, dan pengelolaan finansial pribadi. Nah...untuk memanfaatkan pengelolaan finansial pribadi, rekan-rekan dapat mengklik "pengelolaan finansial pribadi" seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini

Cara Cerdras Kelola Keuanganmu #BNIFinancialPlanner

2. Di dalam menu "pengelolaan finansial pribadi" terdapat beberapa pilihan menu antara lain: atur kategori, atur transaksi, lihat laporan, pengaturan tujuan, ringkasan multi rekening, dan kalender transaksi.

3. Untuk memulai, rekan-rekan dapat memilih menu "pengaturan tujuan". pada halaman ini terdapat 4 pilihan target, yaitu beli mobil, beli rumah, tetapkan tujuan anda dan rencana masa pensiun. Saat ini saya pilih "tetapkan tujuan anda" dan klik Diproses

Cara Cerdas Kelola Keuanganmu #BNIFinancialPlanner
4. Setelah diklik "diproses" maka muncul halaman baru. Pada halaman ini rekan-rekan dapat menetapkan deskripsi tujuan keuangan, uang yang diperlukan, target pencapaian (kapan dimulai dan kapan berakhir) dan kondisi keuangan pada rekening tujuan (apakah terdapat saldo atau tidak). Setelah semua diisi, tinggal klik pada bagian "KLIK DISINI", maka secara otomatis muncul nominal yang harus disimpan per bulan untuk tujuan keuangan yang telah ditetapkan. kemudian tinggal klik "diproses"

Cara Cerdas Kelola Keuanganmu #BNIFinancialPlanner
5. Setelah tahap ini, kita diminta untuk menghubungkan dengan rekening kita (pada saat mencoba ini saya skip bagian ini).
Cara Cerdas Kelola Keuanganmu #BNIFinancialPlanner

6. Untuk melihat perencanaan keuangan yang telah rekan-rekan buat, kita dapat meng"klik" pengaturan tujuan. Pada halaman ini, rekan-rekan dapat melihat perkembangan tujuan perencanaan keuangan yang telah dibuat.
Cara Cerdas Kelola Keuanganmu #BNIFinancialPlanner
Demikian sedikit kisah mengenai pengelolaan keuangan dan pengalaman menggunakan fitur pengelolaan finansial pribadi (Cara Cerdas Kelola Keuanganmu #BNIFinancialPlanner)

Post a Comment

Blogger

Silahkan berkomentar dengan sopan !!!